The Australian National University - image gallery 1

Ikhtisar

Diperingkatkan sebagai universitas nomor satu di Australia dan nomor 20 di dunia (QS World University Rankings 2017-18), Australian National University (ANU) diakui secara internasional untuk standar pengajaran tinggi dan kualitas penelitian unggul.

Dengan kelas-kelas berukuran kecil dan rasio staf terhadap mahasiswa yang tinggi, mahasiswa ANU dapat dengan mudah menghubungi dosen dan pembimbing mereka yang merupakan para pemimpin dunia di bidangnya. Mahasiswa dapat memilih dari beragam pilihan program gelar; semua dirancang untuk menyesuaikan dengan keunggulan, minat dan pilihan karir mahasiswa.

Diperingkatkan nomor satu di Australia dan nomor 21 di dunia untuk tingkat diterima bekerja lulusan (Global University Employability Ranking 2017), para mahasiswa ANU sangat disukai oleh pemberi kerja/perusahaan. Tidak heran ANU mendapatkan peringkat yang tinggi karena universitas memastikan para mahasiswanya siap kerja pada saat kelulusan, dan mendorong mereka untuk menjalin koneksi dengan industri melalui kesempatan kerja dan magang.

Sebagai anggota dari Persekutuan Internasional Universitas Penelitian, ANU berdiri bersama institusi-institusi seperti Oxford, Cambridge dan Yale. 95% penelitian yang berlangsung di ANU mendapatkan nilai di atas standar dunia, yang membuktikan universitas siap menghadapi tantangan di dunia saat ini dan masa depan, dengan tujuan menjadikan masyarakat ini lebih baik.

Terkenal akan kampusnya yang inklusif, ANU (Nomor CRICOS 00120C) adalah nomor satu di Australia dan nomor tujuh di dunia untuk pandangan internasional, yang berarti 7,000+ mahasiswa internasional merasa nyaman dengan perkuliahan dan hidup mereka di sini.

The Australian National University - image gallery 2

Yang Terbaru

ANU telah bergabung dengan berbagai universitas dan organisasi ternama untuk memastikan bakat-bakat wanita juga diakui di bidang sains, teknologi, teknik, matematika dan kedokteran (bidang-bidang STEM), baik di dunia pendidikan maupun karir.

Bersama ANU, institusi-institusi yang berpartisipasi adalah University of Canberra, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), University of South Australia, University of Sydney, dan University of Cambridge.

Wakil Rektor ANU, Professor Brian Schmidt AC berkata bahwa ANU ikut serta dalam program Science in Australia Gender Equity (SAGE), dan para pemimpin universitas berkomitmen untuk kesetaraan gender dalam sains.

“Untuk ANU, inisiatif SAGE adalah sebuah program yang membantu universitas berpikir tentang masalah tentang kesetaraan gender, dan kemudian mencari solusinya”, kata Professor Schmidt.

“Kami senang bekerja bersama institusi penelitian lain di wilayah kami untuk menyemangati lebih banyak kaum wanita untuk memasuki karir yang menjanjikan di bidang STEMM”.

Baca Lebih Lanjut...

The Australian National University - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

Tenaga pengajar di ANU adalah para peneliti aktif dan pemimpin dunia di bidang mereka.

ANU juga mempertahankan rasio dosen mahasiswa yang ideal yaitu 1:15 untuk memastikan dosen dapat dihubungi dengan mudah oleh mahasiswa, sehingga dosen lebih mengenal mahasiswa mereka.  

Profil Tenaga Pengajar ANU

Pada tahun 2017, Dosen ANU Professor Graham Farquhar AO menjadi penerima Penghargaan Kyoto pertama yang berasal dari Australia. Beliau menemukan pengaruh karbondioksida terhadap fotosintesis yang dapat mengubah cahaya menjadi energy kimia yang dibutuhkan tumbuh-tumbuhan untuk dapat tumbuh.

Penelitian Profesor Farquhar mengenai biofisika tanaman telah digunakan untuk mempelajari sel, tanaman dan hutan, untuk menciptakan varian baru yaitu gandum yang hemat air. Gandum ini dapat tumbuh di musim kering dan sangat berguna untuk mengatasi kekurangan pangan di dunia. Baca lebih lanjut tentang Graham

The Australian National University - image gallery 4

Pilihan Jurusan Kuliah

Kampus

ANU memiliki tujuh fakultas akademik yang mencakup bidang-bidang studi berikut:

  • Fakultas Seni & Ilmu Sosial
  • Fakultas Asia & Pasifik
  • Fakultas Bisnis & Ekonomi
  • Fakultas Teknik & Ilmu Komputer
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Sains
  • Fakultas Kesehatan & Kedokteran

ANU juga memiliki Pusat Nasional untuk Studi Suku Asli, yaitu sebuah pusat penelitian untuk para mahasiswa suku asli dari seluruh dunia.

Fakultas-fakultas akademik universitas juga memiliki sejumlah departemen dan pusat penelitian khusus untuk bidang studi tertentu – semua relevan dan unik di Australia dan sekitarnya.

Yang Ditawarkan

Mahasiswa dapat memilih dari beragam pilihan bidang studi dan struktur gelar di ANU. Jenis-jenis program yang tersedia termasuk program gelar tunggal, ganda dan penelitian jenjang sarjana dan pascasarjana. Di ANU, mahasiswa dapat menemukan gelar yang sesuai dengan minat, keunggulan dan karir pilihan mereka.

Lihat detil program

The Australian National University - image gallery 5

Beasiswa & Pendanaan

ANU menawarkan sejumlah beasiswa untuk membuat biaya kuliah lebih terjangkau bagi mahasiswa internasional.

Beberapa di antaranya adalah:

ANU Excellence Scholarship Program

Beasiswa Australian National University Excellence Scholarship dikhususkan untuk mahasiswa internasional jenjang sarjana dan pascasarjana. Beasiswa ini sangat kompetitif dan diberikan berdasarkan prestasi. Pendaftar beasiswa ini akan dinilai oleh panel juri yang terdiri dari para peneliti terkenal di dunia dan para akademisi ANU.

Beasiswa ini tersedia setiap tahun bagi mahasiswa prospektif ANU yang:

  • Merupakan mahasiswa internasional
  • Telah mencapai nilai yang bagus untuk pendidikan menengah atau sarjana
  • Telah diterima pendaftarannya oleh ANU.

Pelajari berbagai beasiswa yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional.

The Australian National University - image gallery 6

Fasilitas

ANU senantiasa memperbaharui fasilitasnya untuk memastikan mahasiswa menikmati pengalaman universitas kelas dunia. 

Fasilitas-fasilitas utama di ANU termasuk:

  • Infrastruktur Komputasi Nasional yang memiliki Raijin, super komputer paling kuat di belahan bumi selatan.
  • Studio-studio Fakultas Rekamaan Suara Musik & Teknologi Musik, fasilitas rekaman paling maju di Australia dan salah satu studio rekaman terbaik dunia.
  • Kawasan Sains AUD240M Baru yang termasuk laboratorium-laboratorium penelitian biologi dan kimia, serta pusat pengajaran.
  • Pusat Perlengkapan dan Teknologi Canggih yang menjadi bagian dari perlengkapan teknologi Australia dan menyokong beragam aktivitas astronomi dan luar angkasa, termasuk ujicoba satelit sebelum diorbitkan.
  • Konsentrator piring solar paraboloidal terbesar dunia yang digunakan untuk mengumpulkan data eksperimental dari investigasi terhadap proses konversi energi, untuk menyempurnakan desain serta mendukung pembuatan ijin dan pemasaran teknologi.
  • Komplek Pertemuan ANU akan dituntaskan di tahun 2019. Komplek ini akan memadukan elemen-elemen terbaik dari kehidupan kampus dan membawakan pengalaman baru dalam hal pendidikan, budaya, olahraga, dan sosial dalam suasana pedesaan
The Australian National University - image gallery 7

Hasil Kelulusan

ANU secara konsisten diperingkatkan nomor satu di Australia untuk tingkat diterima bekerja lulusan. ANU saat ini #1 di Australia dan #21 di dunia untuk tingkat diterima bekerja lulusan menurut Times Higher Education Global Employability University Ranking 2017-18.

Alumni

Setelah lulus, mahasiswa ANU akan menjadi anggota seumur hidup dari komunitas alumni dan bagian dari kelompok individual yang beragam yang tersebar di seluruh dunia. Baik minat mereka ada pada melanjutkan studi, membangun karir, berpergian atau menghubungi rekan-rekan alumni, Program Alumni ANU akan memberikan sejumlah manfaat.

Ulasan Mahasiswa

Setelah lulus dari Master of Business Administration (MBA) ANU, Billy Mambrasar kembali ke Indonesia untuk mempromosikan perusahaan tempat dia bekerja sebelumnya, BP Indonesia. Sekarang Billy telah menjadi bagian dari tim proyek yang merancang dan membangun pembangkit Liquefied Natural Gas (LNG) di Indonesia.

Ini hanyalah permulaan bagi Billy. Sejak kembali ke Indonesia, dia juga telah mendirikan organisasi nirlaba Kitong Bisa, sebuah layanan konsultasi yang mempromosikan pendidikan gratis untuk anak-anak dari keluarga tidak mampu di Asia Tenggara. Baca lebih lanjut tentang Billy

close