International Students

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 1

Ikhtisar

Masuk dalam top 1% universitas terbaik dunia dan merupakan anggota dari Group of Eight – kelompok universitas penelitian intensif di Australia. University of Adelaide adalah institusi berprestise yang memberikan mahasiswa gelar yang diakui internasional.

Para Alumni University of Adelaide termasuk 110 Rhodes Scholars dan 5 Pemenang Nobel. Adelaide memiliki standar pengajaran yang tinggi. Rasio mahasiswa per dosen yang ideal berarti mahasiswa internasional akan mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk sukses.

Lebih dari 200 gelar sarjana dan pascasarjana ditawarkan di institusi, dan dengan beragam fasilitas canggih dan teknologi terdepan di dunia, University of Adelaide memberikan mahasiswa kesempatan karir yang tidak terhitung jumlahnya. Semua gelar selaras dengan masukan dari para anggota industri utama dan bekerja sama erat dengan pemerintah, untuk memastikan semua mahasiswa siap mengatasi semua tantangan besar di masa depan.

University of Adelaide terkoneksi secara global, bekerjasama dengan pemerintah, perusahaan dan universitas-universitas lain di Asia, Eropa dan Amerika Utara untuk meningkatkan kualitas hidup komunitas.

Layanan karir memberikan mahasiswa kesempatan untuk membangun koneksi dengan perusahaan, memberikan dukungan untuk menyusun CV yang bagus, dan membantu mahasiswa mempersiapkan diri untuk karir.

Terletak di Australia Selatan, Adelaide diperingkatkan dalam 10 besar kota paling nyaman untuk dihuni di dunia oleh The Economist berkat kotanya yang aman, bersih dan ramah lingkungan. Dibandingkan dengan kota-kota Australia lainnya, biaya hidup cukup terjangkau. Kampus utama berada dalam jarak berjalan kaki dari pusat kota. Baik itu adalah galeri seni atau stadion olahraga, mahasiswa tidak akan pernah jauh dari beragam pengalaman budaya.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 2

Yang Terbaru

Jumlah mahasiswa internasional yang menjadikan University of Adelaide universitas pilihan mereka semakin bertambah di tahun 2019.

Data terbaru menunjukkan pertumbuhan 6% untuk minat mahasiswa terhadap program sarjana yang ditawarkan University of Adelaide. Hal ini juga termasuk peningkatan 2% dari mahasiswa yang menjadikan University of Adelaide pilihan pertama.

Jumlah mahasiswa internasional hampir mencapai rekor terbaru di tahun ini – dengan lebih dari 10.000 mahasiswa internasional datang dari semua tingkatan studi memilih untuk kuliah di Adelaide.

“Pada saat bersamaan dengan bertambahnya minat dari mahasiswa domestik, kami melihat sejumlah besar mahasiswa internasional ingin kuliah di University of Adelaide. 10.000 mahasiswa internasional akan kuliah di universitas kami tahun ini, dan ini berarti reputasi global University of Adelaide meningkat dan membantu memperkuat status kami sebagai universitas global di Australia Selatan,” kata Professor Pascale Quester selaku Wakil Rektor.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 3

Kualitas Pengajaran

University of Adelaide adalah salah satu anggota dari ‘Group of Eight’ yang terdiri dari universitas-universitas penelitian intensif di Australia. Universitas ini diperingkatkan di antara institusi-institusi inovasi dan pembelajaran ternama di dunia.

University of Adelaide secara konsisten diberikan peringkat tinggi oleh beberapa lembaga penilaian internasional yang ternama, termasuk Times Higher Education, QS World University Rankings, dan Academic Rankings of World Universities (ARWU) Shanghai Jiao Tong. Semua peringkat ini menunjukkan bahwa University of Adelaide masuk dalam top 1% universitas terbaik di dunia.

Sejumlah besar penelitian universitas dinilai oleh program Australian Research Council’s Excellence in Research Australia, dan diperingkatkan ‘di atas atau jauh di atas standar dunia’. Program-program pertukaran dan studi ke luar negeri universitas membantu mahasiswa untuk menjadi warga global dan memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. University of Adelaide bekerjasama dengan berbagai perusahaan, pemerintah, dan komunitas, melintasi batas internasional yang membantu melipat gandakan hasil kerja universitas.

University of Adelaide telah menghasilkan para alumni yang unggul termasuk pemenang Nobel dan lebih dari 100 Rhodes Scholars. Kebanyakan pengajar dan staf University of Adelaide merupakan para pemimpin global dalam bidang mereka. Universitas ini menarik populasi mahasiswa yang beragam dengan jumlah lebih dari 27.000 orang yang berasal dari lebih dari 100 negara.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 4

Struktur Departemen

University of Adelaide menawarkan pendidikan kelas dunia yang memenuhi ekspektasi para mahasiswa. Program-program sarjana, pascasarjana dan penelitian universitas ditawarkan melalui lima fakultas berikut:

Fakultas Seni

Fakultas Seni menawarkan program gelar untuk bidang seni, sastra dan ilmu sosial. Fakultas ini membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan perlengkapan yang diperlukan untuk membawa dampak nyata bagi dunia. Tujuan dari fakultas ini adalah membantu mahasiswa berpikir, berkomunikasi secara jelas, dan meneliti, membekali mereka dengan keahlian akademik dan intelektual untuk mengembangkan karir yang menstimulasi dan menguntungkan.

Fakultas Teknik, Ilmu Komputer, dan Matematika

Jurusan-jurusan di fakultas ini diperingkatkan dalam 50 besar terbaik secara global menurut Academic Ranking of World Universities 2018. Fakultas ini memiliki reputasi yang luar biasa untuk penelitian, pengajaran dan kualitas dari para Lulusannya.

Fakultas ini menyediakan program-program melalui ketujuh jurusannya dan gelar-gelar yang didapatkan dari fakultas akan memungkinkan para mahasiswa untuk bekerja di sejumlah industri.

Fakultas Ilmu Kesehatan dan Kedokteran

Para mahasiswa dapat menikmati kelebihan dari lokasi yang unik dari bangunan Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Adelaide yang dekat dengan Royal Adelaide Hospital yang baru. Fakultas ini menawarkan program-program gelar dalam bidang ilmu kedokteran, keperawatan, kesehatan umum, konseling psikologi, psikoterapi, dan studi-studi kecanduan.

Fakultas Profesi

Fakultas Profesi menawarkan lingkungan belajar dan mengajar yang luar biasa, yang sesuai dengan kebutuhan profesi mahasiswa. Fakultas ini menawarkan program-program melalui empat jurusannya – Arsitektur, Bisnis, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Hukum.

Fakultas Sains

Fakultas Sains adalah sebuah pusat interdisipliner untuk kebanyakan pengajaran dan penelitian lanjutan. Dengan beragam fasilitas kelas dunia dan keahlian ilmiah, pelatihan berkualitas tinggi di tingkat master, doktorat dan honour, fakultas ini mempersiapkan para mahasiswa untuk karir di masa depan.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 5

Persyaratan Pendaftaran

Persyaratan Bahasa

Mahasiswa internasional harus menunjukkan tingkat kelancaran berbahasa Inggris melalui nilai ujian bahasa Inggris. Ujian bahasa Inggris terakreditasi yang lebih disukai University of Adelaide adalah:

  • IELTS – Tes Akademis.
  • Pearson Test of English (PTE) – Akademik.
  • TOEFL – internet based dan paper based.
  • Cambridge English: Advanced.
  • International Baccalaureate Diploma.

Persyaratan Akademik

Program Sarjana

Setiap program sarjana memiliki persyaratan masuk minimal yang harus dipenuhi mahasiswa. Beberapa program studi seperti musik, kesehatan mulut, kedokteran dan kedokteran gigi mempertimbangkan kriteria-kriteria lain selain persyaratan masuk minimum.

Bagi Mahasiswa Indonesia

Telah lulus SMA 3 Indonesia (Sertifikat Tanda Tamat Belajar).

Program Pascasarjana

Para mahasiswa yang ingin mengikuti program pascasarjana jalur pembelajaran harus memiliki gelar sarjana dari jurusan yang relevan dari institusi yang diakui. Sejumlah gelar diploma pascasarjana dan sertifikat pascasarjana juga dapat diterima sebagai persyaratan untuk mengejar gelar master.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 6

Hasil Kelulusan

Layanan karir di University of Adelaide membekali mahasiswa dengan keahlian-keahlian dalam manajemen karir yang akan membantu para mahasiswa bersaing di pasar kerja internasional.

Layanan karir juga menyediakan sejumlah sumber daya dan lokakarya untuk membantu mahasiswa melamar kerja dan menghadiri wawancara, termasuk menyiapkan resume yang menuliskan pengalaman mahasiswa dan cover letter yang menuliskan pencapaian utama mereka.

University of Adelaide juga membantu mahasiwa mempersiapkan diri untuk wawancara dengan cara mengadakan lokakarya secara berkala. Selain itu juga tersedia fasilitas wawancara online yang membantu mahasiswa merasakan wawancara video yang sesungguhnya.

Layanan karir universitas diberikan secara gratis dan dapat dinikmati oleh semua mahasiswa dan alumni baru selama sekitar satu tahun setelah lulus kuliah.

The University of Adelaide (UoA) - image gallery 7

Beasiswa dan Pendanaan

Universitas menyediakan sejumlah beasiswa untuk para mahasiswa dari berbagai belahan dunia untuk kuliah di tingkat sarjana dan pascasarjana. Beberapa beasiswa tersebut adalah:

The 2019 University of Adelaide Matching Scholarships

Universitas akan menerima beasiswa yang mungkin diterima mahasiswa dari institusi pendidikan tinggi lain selain University of Adelaide, dan memberikan tambahan potongan biaya kuliah sebanyak 15%. Mahasiswa semua negara kecuali Australia dan Selandia Baru boleh mendaftar untuk beasiswa ini, selama telah mendapatkan beasiswa resmi dari universitas lain untuk mengejar pendidikan di bidang studi yang serupa dengan bidang studi yang ingin mereka pelajari di University of Adelaide.

The 2019 University of Adelaide Global Citizens Scholarships

Beasiswa ini diberikan untuk para mahasiswa internasional yang memulai pendidikan mereka di tingkat sarjana dan pascasarjana di University of Adelaide. Beasiswa ini memberikan potongan biaya kuliah sebesar 15% selama durasi minimal program gelar pilihan mereka di tingkat sarjana atau pascasarjana.

The 2019 University of Adelaide Global Academic Excellence Scholarships

Beasiswa-beasiswa yang ditawarkan oleh University of Adelaide cukup kompetitif, dan menawarkan mahasiswa internasional yang baru memulai pendidikan sarjana atau pascasarjana jalur pembelajaran, yang telah menunjukkan keunggulan akademik. Beasiswa ini akan memberikan potongan biaya kuliah sebesar 50% dan akan diberikan secara otomatis.

close