Message for prospective international students, see the Admissions homepage for more details.

Cara Pendaftaran

Universitas mendukung para mahasiswa untuk mendaftar secara online, dimana mereka bisa melunasi biaya pendaftaran via kartu kredit. Jika mahasiswa ingin membayar dengan bank draft, cek tersebut harus dibuat dalam US dollar dan bisa dicairkan dari sebuah bank di Amerika. Sebaiknya nama yang tertera di formulir pendaftaran sesuai dengan data paspor. Jika terdapat perbedaan bisa mengakibatkan penolakan permohonan visa.

Formulir pendaftaran program Sarjana S1

Dokumen yang diperlukan

  • Yang perlu diserahkan hanyalah catatan akademis dan hasil ujian; mahasiswa diminta untuk tidak menyerahkan esai, surat rekomendasi, sertifikat penghargaan dan material lainnya.
  • Jika belum bisa menyertakan dokumen-dokumen akademik asli, mahasiswa dapat menyertakan salinan/fotokopi dari sertifikat asli yang telah ditandatangani dan di cap oleh pengeluar atau kepala sekolah yang mengeluarkan sertifikat SETELAH fotokopi.
  • Para mahasiswa yang belum menyelesaikan pendidikan sebelumnya saat melakukan pendaftaran bisa menyertakan transkrip nilai terakhir beserta formulir pendaftaran. Jika diterima, mereka akan diminta untuk mengumpulkan transkrip nilai lengkap sebelum perkuliahan dimulai.
  • Pelajar yang mendaftar sebagai mahasiswa tahun pertama harus mengumpulkan hasil rapor Sekolah Menengah Umum, supaya pihak universitas bisa menilai kesiapan yang diperoleh mereka dari sekolah menengah.
  • Bagi mahasiswa transfer dan mahasiswa yang bukan lulusan SMU Amerika, tidak diwajibkan untuk menyerahkan hasil SAT dan ACT, namun mereka boleh menyerahkannya jika ada.
  • Nilai SAT dan ACT dapat digunakan untuk menggantikan TOEFL/IELTS
  • Pernyataan finansial mahasiswa S1 harus menunjukkan jumlah dana yang ada cukup bagi mahasiswa tersebut selama setahun, beserta sumber pendanaan, serta untuk berapa tahun dana tersebut bisa disediakan oleh sponsor. Para mahasiswa transfer dianjurkan untuk membuat perencanaan keuangan tambahan untuk satu tahun kedepan. Hanya dana tahun pertama yang memerlukan dokumen pernyataan bank.
  • Iowa State University menyarankan semua dokumen diunggah secara elektronik sewaktu mendaftar.

Waktu Tanggapan

Selama bulan Desember hingga April, pemrosesan dapat memakan waktu 2-3 bulan karena banyaknya pendaftaran. Jika Anda mengunggah dokumen-dokumen pendaftaran Anda secara online, Anda dapat memverifikasi jika universitas telah menerima pendaftaran Anda melalui akun pendaftaran online Anda. Kami menyarankan Anda mengunggah semua dokumen secara elektronik untuk mempercepat proses pendaftaran. Universitas menyarankan Anda untuk memanfaatkan layanan pelacakan kurir Anda untuk memastikan dokumen-dokumen yang Anda kirim telah diterima oleh universitas. Kantor Pendaftaran akan memberitahukan melalui email jika ada dokumen yang belum lengkap.
 
Kantor kami menerima ratusan email setiap harinya, yang cukup mengganggu pemrosesan pendaftaran, sehingga mengakibatkan penundaan peniliaian pendaftaran. Oleh karena itu, jika ada hal yang ingin Anda tanyakan via email, tulislah sesingkat dan sejelas mungkin, dan berikan kami waktu 2-4 minggu untuk memberi balasan. Kirimlah satu email saja, dan tujukan ke kantor pendaftaran. Email Anda haruslah berisikan data sebagai berikut:
  • Nama keluarga/belakang mahasiswa (sebagaimana tercantum dalam formulir pendaftaran) diikuti dengan tanda koma
  • Nama depan mahasiswa
  • Tanggal lahir
  • Tingkat studi yang didaftar (sarjana S1 atau sarjana S2)