Message for prospective international students, see the Admissions homepage for more details.

Mengajukan permohonan Visa

Memohon visa pelajar bisa saja memakan banyak waktu dan membutuhkan banyak persiapan. Oleh karena itu mulailah sesegera mungkin, dan rujuklah kepada situs kedutaan Amerika di negara Anda.

Visa Kelayakan Form I-20
I-20 adalah sebuah formulir yang dikeluarkan oleh institusi pendidikan Amerika bagi mahasiswa internasional untuk mengindikasikan bahwa mereka telah memenuhi semua persyaratan masuk yang diajukan oleh institusi pendidikan. Jika Anda tinggal di luar Amerika, Anda perlu meminta formulir I-20 di kedutaan Amerika terdekat di negara Anda, beserta paspor yang masih berlaku, skor TOEFL, dokumen keterangan finansial dan transkrip nilai sekolah, untuk mendapatkan visa pelajar F-1. Ingatlah untuk menandatangani formulir I-20 Anda sebelum memasuki Amerika.

Jika Anda telah berada di Amerika, formulir tersebut akan dikeluarkan setelah tanggal yang diberikan oleh sekolah terakhir Anda. Biasanya ini adalah tanggal terakhir kalinya Anda mengikuti kelas.

Anda perlu mengalokasikan waktu untuk menyelesaikan hal-hal tidak terduga yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, para mahasiswa disarankan untuk mengajukan aplikasi visa beberapa minggu sebelum keberangkatan mereka ke Amerika. Visa tidak akan dikeluarkan sebelum 120 hari dari tanggal registrasi yang tercantum di I-20.

Memohon Visa Pelajar
Semua pemohon visa pelajar harus menyediakan:

  • Formulir I-20 A/B. Iowa State akan mengirimkan Sertifikat Kelayakan Visa Pelajar (Formulir I-20 A/B) kepada Anda begitu Anda telah diterima dan telah menunjukkan bukti bahwa Anda mampu menanggung biaya kuliah dan biaya hidup Anda. Begitu Anda menerima formulir tersebut, periksalah kebenaran nama, tanggal lahir dan tanggal ketibaan Anda di Amerika. Bacalah dengan seksama, dan tandatanganilah di tempat yang diminta.
  • Formulir aplikasi visa non-imigrasi yang telah dilengkapi (DS-156). Formulir ini bisa Anda dapatkan dari kedutaan tanpa biaya.
  • Paspor yang berlaku sedikit-dikitnya enam bulan sebelum tanggal keberangkatan Anda ke Amerika.
  • Bukti pelunasan biaya pengurusan aplikasi visa.
  • Bukti pembayaran SEVIS (nota I-901).

Semua pendaftar harus mempersiapkan:

  • Transkrip nilai dan diploma dari semua insitusi pendidikan yang pernah diikuti.
  • Nilai dari ujian-ujian yang diakui, seperti TOEFL, SAT, ACT, IELTS, dan lain-lain.
  • Bukti finansial yang menyatakan bahwa sponsor keuangan Anda memiliki dana yang cukup untuk menanggung biaya kuliah dan biaya hidup Anda hingga kuliah Anda selesai. (Anda bisa memakai salinan yang Anda gunakan untuk Pernyataan Finansial Mahasiswa S1 dan melampirkan dokumen-dokumen pendukung. Sebagai contoh, jika Anda atau sponsor Anda adalah karyawan kantor, maka bawalah dokumen perpajakan, buku bank asli dan atau pernyataan bank. Jika Anda atau sponsor Anda adalah wiraswastawan, bawalah surat ijin usaha, ijin lainnya, dokumen perpajakan dan lain-lainnya beserta buku bank asli dan atau pernyataan bank.)

Membuat Rencana Keberangkatan
Setelah Anda memiliki visa, Anda bisa memulai rencana keberangkatan Anda. Lakukanlah sesegara mungkin, karena penerbangan bisa cepat penuh menjelang permulaian kuliah.

Penting untuk diingat bahwa regulasi visa melarang mahasiswa untuk tiba 30 hari lebih awal sebelum tanggal kedatangan mereka yang tertera di formulir I-20.

Mahasiswa yang Telah Berada di Amerika
Status visa Anda saat ini harus diverifikasi oleh sekolah Anda sekarang. Pihak sekolah juga perlu melengkapi Formulir Permintaan Transfer I-20. Formulir ini jangan diisi sebelum Anda menerima surat penawaran penerimaan dari Iowa State University.